Cara Sederhana Membuat Kue Apem Kukus Dari Tepung Beras yang Lembut

Cara Sederhana Membuat Kue Apem Kukus Dari Tepung Beras yang Lembut

Cara-Sederhana-Membuat-Kue-Apem-Kukus-Dari-Tepung-Beras-yang-Lembut

kue apem termasuk salah satu kue kukus tradisional yang terbuat dari tepung yang memiliki rasa yang enak serta memiliki tektur yang lembut dengan bentuk yang lucu dengan aneka warna warni sehingga menambah selera untuk mencicipi.selain itu juga bentukna menyerupai bunga mawar yang mekar 

kue apem juga termasuk kue jajanan pasar yang banyak digemari bukan hanya rasanya yang enak tapi juga harga yang ekonomis bagi bunda yang ingin mencoba membuat kue apem dari tepung beras yang lembut serta mengembang juga rasanya enak silahkan intip resepnya di bawah ini bun :



BAHAN KUE APEM KUKUS TEPUNG BERAS
  • 400 gram tepung beras 
  • 100 gram tepung kanji/tapioka 
  • 250 ml santan dari 350 gram kelapa parut 
  • 250 ml air hangat 
  • 250 gram gula pasir 
  • 1/2 sdt ragi instan (fermipan) 
  • 1/2 sdt garam 
  • pewarna kue sesuai selera secukupnya
CARA MEMBUAT KUE APEM KUKUS TEPUNG BERAS MEKAR
  1. Persiapan Pertama, melarutkan ragi dengan air hangat, kemudian sisihkan. Selanjutnya santan direbus bersama dengan gula pasir, sambil diaduk-aduk hingga mendidih serta gula larut, lalu sisihkan dan biarkan dingin. 
  2. Kemudian Selanjutnya Siapkan wadah, Lalu campurkan tepung beras, tepung kanji, garam, serta ragi yang sudah dilarutan. Lalu Aduk hingga rata serta adonan menjadi kalis. 
  3. Kemudian Tuangkan santan yang sudah dimasak tadi dengan adonan tepung , lalu aduk kembali hingga rata setelah itu diamkan selama 60 menit. 
  4. selanjutnya Bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing beri pewarna sesuai selera dan aduk hingga bahan pewarna terlihat rata.
  5. kemudian Panaskan kukusan di atas api sedang, gunakan kain atau serbet untuk membalut tutupnya agar tidak ada air yang menetes. Sementara itu, rendam terlebih dahulu mangkuk yaitu cetakan kue apemnya dalam air, selanjutnya tuang adonan ke cetakan mangkok tersebut hingga penuh.
  6. Tata cetakan dalam kukusan, tutup dan kukus selama 25 menit atau hingga matang serta mekar dan mengembang .
  7. lalu Angkat dan keluarkan kue apem dari cetakan 
  8. dan kue apem kukus tepung beras siap untuk disajikan

semoga resep kue apem kukus dari tepung beras bisa bermanfaat bagi bunda

No comments:

Post a Comment